Selasa, 02 November 2010

TUGAS SIA TENTANG PENDAPAT

TUGAS I…
Beberapa orang berpendapat bahwa akuntan seharusnya memusatkan perhatian hanya pada laporan keuangan dan memberikan urusan desain serta persiapan laporan manajerial pada spesialis system informasi.
Apa sajakah kelebihan dan kelemahan pendapat ini??
Sejauh manakah akuntan seharusnya terlibat dalam pembuatan laporan yang melibatkan berbagai hal di luar ukuran keuangan, yang dipergunakan untuk mengukur kinerja?? Mengapa demikian ??

JAWAB …
Pendapat tersebut memliki kelebihan dan kekurangannya sendiri, kelebihan dari pendapat itu adalah akuntan diharuskan hanya berkonsetrasi saja pada laporan keuangan yang sedang dikerjakan tanpa mempertimbangkan aspek-aspek lain selain laporan keuangan itu sendiri tapi pendapat tersebut juga terdapat kekurangan ialah seorang akuntan juga harus ikut serta dalam pembuatan desain dari laporan keuangan yang dikerjakan bagian system informasi.
Kenapa demikian, karena isi dari laporan keuangan dibuat oleh akuntan itu sendiri yang bedasarkan data-data yang ada sehingga agar laporan keuangan tersebut tidak berubah dan tidak ada kesalahan seorang akuntan juga perlu ikut serta dalam pembuatan desain dari laporan keuangan walau hanya jadi pemantau atau pengkoreksi hasil kerja dari system informasi.

TUGAS II …
Pembagian tugas secara efektif kadang-kadang tidak layak secara ekonomis pada bisnis kecil. Elemen-elemen pengendalian internal apa yang menurut anda dapat mengimbangi ancaman tersebut ??

JAWAB:
Elemen2 pengendalian internal:
A.Lingkungan pengendalian
B.penilaina resiko,
C.informasi dan komunikaasi,
D.aktivitas pengendalian,monitoring.
Sebagai usaha kecil dengan sumber daya terbatas, tidak seperti perusahaan besar untuk membangun sistem pengendalian internal yang komprensif, namun usaha kecil masih ,sistem pengendalian yang paling dasar harus ditetapkan untuk menjamin terwujudnya tujuan perusahaan, dan memperbaiki kemampuan anti-risiko.


TUGAS III..
Secara teoritis, suatu prosedur pengendalian perlu digunakan jika keuntungannya melebihi biayanya. Jelaskan cara memperkirakan keuntungan dan biaya dari pengendalian berikut ini :
a.Pemisahan tugas .
b.Prosedur perlindungan data

JAWAB ..
Secara teoritis, suatu prosedur pengendalian perlu digunakan jika keuntungannya melebihi biayanya. Seperti pemisahan tugas yang memiliki keuntungan dan biayanya tersendiri. Keuntungan dari pemisahan tugas adalah tugas dapat terselesaikan dengan cepat karena pemisahan tugas yang artinya tugas dikerjakan oleh lebih dari satu orang sehingga dapat terselesaikan dengan efektif tapi pemisahan tugas juga menimbulkan biaya, sebab dalam pemisahan tugas diperlukan lebih dari satu orang yang mengakibatkan timbulnya biaya tambahan dalam menyelesaikan tugas tersebut tapi sebanding dengan hasil yang diraih dari pemisahan tugas tersebut.
Seperti halnya dalam prosedur perlindungan data, yang terdapat keuntungan dan biaya yang harus dikeluarkan. Biaya yang dikeluarkan dalam suatu prosedur perlindungan data seharga data yang ingin dilindungi, semakin berharga data tersebut mungkin semakin mahal juga harga yang harus dibayar tapi hal ini sebanding dengan keuntungan yang diterima. Keuntungan dari perlindungan tersebut, data perusahaan dapat terjaga dengan baik dan aman tanpa diketahui oleh pihak-pihak yang tidak diinginkan sehingga kinerja perusahaan dapat berjalan dengan baik tanpa adanya gangguan dari pihak luar.
 

Template Design By:
SkinCorner